Rabu, 28 Desember 2016

Titik Temu Filsafat Dan Ilmu

TITIK TEMU FILSAFAT DAN ILMU

Ada beberapa titik pertemuan antara filsafat dan ilmu, yaitu :
1.            Banyak ahli filsafat yang termasyhur, telah memberikan sumbangannya dalam pengembangan ilmu pengetahuan, misalnya Leibniz menemukan “DiferensiaL Kalkulus”, Whitehead and Bertrand Russel dengan teori matematikanya yang terkenal.
2.            Filsafat dan ilmu pengetahuan keduanya menggunakan metode-metode reflective thingking di dalam menghadapi fakta-fakta dunia dan hidup ini.
3.            Filsafat dan ilmu keduanya menunjukkan sikap kritis dan terbuka, dan memberikan perhatian yang tidak berat sebelah terhadap kebenaran.
4.            Keduanya terkait terhadap pengetahuan yang terorganisir dan tersusun secara sistematis.
5.            Ilmu memberi filsafat sejumlah bahan-bahan deskritif dan dan factual serta esensial bagi pemikiran filsafat.
6.            Ilmu mengoreksi filsafat dengan jalan menghilangkan sejumlah ide-ide yang bertentangan dengan pengetahuan yang ilmiah.
7.            Filsafat merangkum pengetahuan yang berpotong-potong, yang menjadikan bermacam-macam ilmu dan berbeda-beda, dan menyusun bahan-bahan tersebut ke dalam suatu pandangan tentang hidup dan dunia yang lebih menyeluruh dan terpadu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar