Senin, 26 Desember 2016

Perubahan Filosofi Rousseau "Mengubah Sifat" Pendidikan


Perubahan Filosofi Rousseau
“Mengubah Sifat” Pendidikan
Jean - Jacques Rousseau mendunia, dan tepat, dilihat sebagai tokoh filosofi besar dari Perancis, era Pencerahan : dia juga mendunia, dan benar, dilihat sebagai tokoh filosofi pendidikan yang paling penting dalam siecle des lumieres (era Pencerahan) . Bagi Rousseau politik dan pendidikan sangat kuat hubungannya: dia menyampaikan tugas transformasi pendidikan yaitu tentunya merubah mereka yang mencintai diri sendiri dan hidup dalam keegoisan oleh “kehendak tertentu” menjadi mencintai sesama dengan bersifat “kehendak umum” ( kehendak umum ini akan menjadi satu-satunya yang dimiliki sesama”). Bagi Rousseau “Legislator Terbesar” (lebih tepatnya Pendidikan Kewarganegaraan) harus, dipelajari lebih lama, “mengubah sifat manusia” dari membentuk  orang-orang yang mencintai dirinya sendiri menjadi  “Pemimpin Sparta” (yang tidak meminta apakah anak-anak lelaki mereka sendiri selamat dalam  peperangan  tetapi apakah " penguasa terbaik" di kotanya masih hidup).  Lalu, Rousseau  menyampaikan sebuah gagasan yang mutlak untuk perubahan pendidikan  seutuhnya (yang membuat orang berfikir “apa yang seharusnya mereka”) - keutamaan diberikan untuk pendidikan  ini sebanding dengan yang dikemukakan olehh salah satu tokoh filosofi terdahulu, namanya Plato. Tetapi  Rousseau  juga menegaskan pendidikan tersebut, bagaimanapun perubahannya, bagaimana “mengubah sifatnya”, hasil akhirnya harus menghasilkan orang- orang dewasa yang  akhirnya dapat berkata pada guru – guru nya   (dengan Emile).
“Kau  yang membuatku  untuk aku bisa memutuskan” (Rousseau , 1910, p 435). Sejauh manakah Roussea mensukseskan dalam mencari keseimbangan yang tetap diantara mengubah sifat pendidikan dan hasil akhir pada dewasanya adalah pusat kesulitan dari masyarakatnya terdahulu.- halaman-halaman ini  akan mencoba mengungkapkannya
Pendapat Rousseau  belum bespusat pada kebebasan –terutama  tentang  kebebasan tindakan-tindakan manusia yang sah secara moral –beberapa susunan karangannya tentang pemikiran politik dia akan jadi (benar-benar) tidak terhitung . Terutama, pada valonte generale atau kehendak umum bangsa, tidak akan menjadi gagasan pokok dalam filosofi politiknya : dia hanya akan berbicara,  menurut Plato,Secara umum  untuk mencapai pada keadaan yang sempurna yaitu melalui Pendidikan Kewarganegaraan, seperti yang dijelaska dalam Republik 462b (“lakukan beberapa kejahatan yang kita tahu lebih baik bagi Negara dari pada mengabaikannya dan membuatnya jadi sesuatu yang tidak bermanfaat, atau lebih baik daripada menjadikannya bersama dan membuatnya satu?”) atau yang sudah diungkapkan oleh republic Montesquieu esprit general (Montesquieu , 1949, pp. 1134, 1144) ; Dia tidak pernah  berbicara tentang kehendak umum sebagai sesuatu yang sulit untuk disesuaikan   -  sulit karena harus “mengubah” sesuatu tertentu tanpa menganggu (pinsip) mereka. Tapi sesuatu yang harus (bagi Rousseau) memiliki valonte generale (kehendak umum), bukan esprit general(semangat umum) : karena ““untuk menghilangkan kehendak kamu untuk semua kebebasan untuk menghilangkan aksi moralitas kamu” dan “hubungan perdata adalah relawan paling bertindak di dunia” (Rousseau , 1969b, pp 105, 28). (Rousseau , 1969b, pp 105, 28).
Relawan terbaiknya yang keluar mendukung Rousseau adalah Judith Shklar, yang berpendapat meyakinkan mengenai gagasan kehendak umum itu “segala sesuatu yang melekat paling ingin dia katakan” justru karena itu  “transposisi fakultas paling penting individu moral (kehendak) ke bidang pengalaman masyarakat” (Skhlar , 1969, p , 184,; lihat juga Skhlar , 1973)
Lagi pula, bukan kehendak umum – suatu jenis kehendak tertentu -  penting bagi Rousseau, Legislator Terbesar Tidak akan dimiliki untuk hasilnya dicapai Masyarakat nya.(dalam Social Contract,; II, 7) seperti diartikan sebagai penderitaan - seperti “ memaksa tanpa kekerasan” dan ”membujuk tanpa hukuman”. Plato tidak mengkhawatirkan kesulitan-kesulitannya, karena raja filsuf ini dengan mudah mengetahui kebenaran yang penting, seperti “kebaikan yang abadi” (Phaedo 7d) yang bahkan para dewa dan cinta.(Euthypro, 10d-e) oleh karena itu berhak untuk pendidikan dan peraturan (Republic , 1V) Bagi Rousseau yang dibutuhkan politik untuk menjadi sempurna (The Social contract, II, 6) adalah “sebuah penyatuan kehendak  dan memahaminya” , jadi pada akhirnya pengetahuan kewarganegaraan adalah legislator terbesar, akhirnya banyak warganegara, terpikat ke dalam (kebodohan alami) kehendak umum terkenal karena yang akhirnya menjadi “pencerahan” dan menjadi selalu “benar”.
Disini sejarah dari “kehendak umum” sebelum Rousseau menjelaskannya , menurut Rousseau, kehendak umum itu tidak natural:ini adalah hasil yang di buat (waktu yang lama) yang siap “mengubah sifat“, keegoisan dalam pendidikan dibentuk lebih oleh menteri terdahulu Lycurgus atau Moses pada akhir pendidikan. Kebebasan berpendapat pada akhirnya harus menjadi sesuatu kemungkinan
Tapi dalam gagasan pada abad ke -17 pekemuka kehendak tertenuu– Arnauld, Pascal, Malebranche, Fenelon, Bayle, Leibniz – Kuasa Tuhan (untuk “lindungi semua manusia” setelah jatuh; lihat Riley , 1986, pp 4ff) bersifat alami: Bagaimana bisa “mengubah sifat” atau mengubah kehendak menjadi sempurna, bukankah dia dibuat “menjadi” “alami” dari waktu ke waktu? Rousseau – siapa yang tahu seluruhnya pada abad ke-17 tentang kontrofersi “kehendak umum” (lihat Riley,1986, chapter 5) -  ketahui juga ketidakTuhanan  (untuk mengubah ungkapan) itu menjadi “terpaksa untuk berkuasa”. Tapi ada saatnya kebebasan tidak berketuhanan itu, saat masih kecil  pada akhirnya akan menjadi tak , Sebenarnya masalah utama dari semua gagasan Rousseau  adalah untuk menemukan wewenang pendidikan non- otoriter yang  “mereka seharusnya menjadikan manusia” (Economic Politique , Rousseau, 1950b, p. 297), tanpa (tetap) ada yang merampas kebebasan mereka “baik kebajikan, atau keburukannya, atau kebaikan hatinya, atau kekurangannya atau moral dalam tindakan manusia “  yang dapat dibayangkan. (Lettre a M. de Franquieres, 1769, Rousseau, 1974, pp 180-1)
Tak ada Seorangpun, ketika maksud Rousseau untuk “menyemaratkan” dalam waktu lama tanpa menganggu kebebasan,- yang baginya sangat penting dia menemukan kuasa yang tidak patuh yang dapat “ memaksa tanpa kekerasan” – dapat dikatakan Rousseau memiliki banyak kesulitan dalam mendamaikan kebebasan  dan “apa yang seharusnya manusia”,  lalu (terutama) Kant : dan ada juga perbandingannya yaitu  dengan Hegel yang akan sangat membantu. Rousseau , Kant dan Hegel- mereka terpisahkan oleh semesta – mereka semua yang sengaja membuat “etika berkehendak yang penting” (dalam bentuk “kehendak umum”, ”kehendak baik” dan [disebut] “kehendak nyata”; lihat Riley,1982) kehendak ketiganya di temukan secara tidak sengaja; semuanya dialirkan dengan tidak terduga-dari volonte particuliere atau kehendak tertentu, dari yang disebutkan Shakespeare “kehendak penuh hydra-headed” (Henry V,I,i).
Tetapi teori Rousseau dari keegoisan dan amour-propre( relative mencintai diri sendiri, agak menyakitkan hati) menujukan pada Sparta (dengan “pemimpin Sparta”), pada halaman pembuka tadi tentang pendidikan, sementara pada Kant “sebaliknya” untuk beralih ke sebuah akhir kerajaan yang universal atau (bila gagal) setidaknya pada republic yang universal dan kedamaian abadi (Kant,1922, pp 161-2; lihat juga Riley , 1983, pp 167ff). Tetapi Kant lebih mudah mempertahankan kebebasan atau otonomi daripada Rousseau – atau Hegel, yang “sebenarnya”  ingin kehendak menjadi posisi yang “diakui” atas perwujudan kebebasan rasional yang konkrit (Hegel, 1942, p 105; lihat juga Kely, 1978, pp 113-14; Oakeshott, 1975, p 160) – karena “menyemaratkan” (atau agak universal) akan menjadi alasan – memutuskan  “akhir tujuan,”  bukan Lycurgus(atau Bildung).
Rousseau meragukan itu, baginya yang dapat menjadi akhir tujuan adalah morale universalle (moralitas yang universal); baginya garis pentingnya digambarkan diantara “yang umum” dan “universal” , polis dan kosmopolis. Yang meragukan (dalam muka Kant)  itu adalah “Kantian” mungkin jenis otonomi itu, Rousseau menentukan dirinya  tugas yang berat dari menyemaratkan kehendak yaitu tanpa meminta bantuan kepada “akhir tujuan” – tetapi dengan meminta bantuan kepada otoritas pendidikan,  itu keinginan terbesar untuk dimasukkannya kedalam  (masyarakat , “politan”) pengetahuan untuk kemudian menjadi bebas seiring berjalannya waktu
Ujian yang diikuti adalah dari (keterangan) jalan yang Rousseau semaratkan, meninggalkan nya itu (dia berharap) bebas, tapi tanpa disengaja.  Alasan Rousseau menggunakan “kehendak umum” sebagai konsep politiknya dan itu sebagai dasar berfilsafat - seberapa siap- untuk mencapai tujuan pada gagasan tentang agama yang mungkin sudah dilakukannya pada abad ke tujuh belas (bukankah Pemimpin Sparta memiliki volonte generale(kehendak umum)  untuk “melindungi” kotanya, sebagaimana Tuhan berkehendak melindungi “semua manusia” nya?”) lagipula , terdapat dua istilah  dari volonte generale – generality(“kehendak) ” dan will (“umum”) - mewakili dua arti tersebut dalam gagasan Rousseau. “peraturan umum” yang bertahan, antara lain, karena penegak hukum, karena Pendidikan Kewarganegaraan yang menggambarkan kita dan untuk diri kita kearah yang umumnya baik (atau biasanya), karena kebaikan-warganegara yang tidak tertentu pada Sparta  dan republic Roma (lihat khususnya Rousseau , 19622, pp 424ff) “kehendak” bertahan, lagi,bagi pendiriannya Rousseau hubungan perdatanya adalah “relawan paling bertindak di dunia” itu “untuk menghilangkan kehendak kamu untuk semua kebebasan untuk menghilangkan aksi moralitas kamu” (Rousseau , 1969b, pp 105, 28)
pp. 105,28). Dan jika salah satu bisa "menyemaratakan" kehendak, sehingga "memilih" hanya satu hukum, kewarganegaraan, dan kebaikan bersama, dan menghindari disengaja cinta-diri, maka orang akan memiliki kehendak umum dalam arti tertentu Rousseau. The (awalnya ilahi) volonte generale dari pascal, Malebranche, Fenelon, dan Leibniz berhubungan erat dengan ini tujuan moral yang: maka mengapa tidak menggunakan istilah yang sudah diberikan politis digunakan oleh Bayle di Pensees diverses sur la Comete (Bayle, 1704. Pp 452ff. ).
Itu hampir terbuka untuk meragukan, memang, bahwa bangsa-bangsa dari kehendak dan umum sama-sama penting dalam filsafat moral dan politik Rousseau, tanpa akan ada kebebasan, tidak ada penentuan nasib sendiri, tidak ada "kausalitas moral" (versi pertama dari kontrak sosial ; Rousseau, 1962e, p 499), tidak ada abligation.; tanpa umum akan mungkin berubah-ubah, egois, terobsesi diri, yang disengaja.
Rousseau bersama dengan pemikir individualis modern (terutama Hobbes dan locke) keyakinan bahwa semua kehidupan politik konvensional, yang dapat dibuat wajib hanya melalui sukarela, persetujuan individu. Terlepas dari kenyataan bahwa ia kadang-kadang memperlakukan ide-ide moral jika mereka hanya "muncul" dalam proses perkembangan, dalam perjalanan sosialisasi (lettre a M. de Beaumont, Rousseau, 1971c). ia sering-khususnya di kontraktarian nya vena-jatuh kembali pada pandangan bahwa kehendak manusia bebas adalah "penyebab" dari tugas dan wewenang yang sah. Dengan demikian, dalam sebuah argumen menentang perbudakan di kontrak sosial. Rousseau mendesak bahwa "untuk mencabut kehendak Anda semua kebebasan" adalah untuk menghilangkan tindakan Anda dari otoritas yang sah. Itulah alasan yang bisa diambil tidak ada gagasan yang benar atau moralitas dari kekuatan belaka adalah bahwa "untuk menghasilkan memaksa adalah tindakan keharusan, bukan dari kehendak" (Rousseau, 1962b, hal. 26). (Ini menunjukkan terlebih dahulu bagaimana hati-hati kita harus menafsirkan kalimat sengaja paradoks "dipaksa untuk bebas.") Dalam asal-usul ketidaksetaraan, di sebuah bagian yang hampir prefigures kant, ia menekankan pada pentingnya agen bebas, dengan alasan bahwa sementara "fisika "(ilmu pengetahuan alam) mungkin menjelaskan" mekanisme indra, "itu tidak pernah bisa membuat dimengerti" kekuatan bersedia atau reather memilih "- kekuatan yang" tidak dapat ditemukan tetapi bertindak yang murni spiritual dan sepenuhnya bisa dijelaskan oleh hukum mekanisme "(Rousseau, 1950a, hlm. 208). Ini adalah kekuatan ini bersedia secara bebas, bukan alasan, yang membedakan manusia dari binatang. Dalam (tidak dipublikasikan) versi pertama dari kontrak sosial ia bahkan pernah mengatakan bahwa "setiap tindakan bebas memiliki dua penyebab yang setuju untuk memproduksinya: pertama penyebab moral, yaitu kehendak yang menentukan tindakan; yang lain fisik, yaitu kekuatan yang mengeksekusinya "(Rousseau, 1962e, p. 499). Rousseau, dari, tidak hanya membutuhkan ide kant-mengantisipasi kehendak sebagai "kausalitas moral," dia benar-benar menggunakan istilah tersebut.Top of FormBottom of Form
Semua ini dikonfirmasi oleh apa yang Rousseau mengatakan tentang kehendak di emile, di mana ia berpendapat (melalui pidato dimasukkan ke dalam mulut pendeta Savoyard) bahwa "kekuatan motif semua tindakan adalah di kehendak makhluk bebas," yang "itu bukan kebebasan kata yang tidak berarti, tapi keharusan kata. "Kehendak adalah" independen indra saya ": Saya" persetujuan atau menolak, saya menghasilkan atau saya menang kemenangan, dan saya tahu dengan sangat baik dalam diri saya ketika saya telah melakukan apa yang saya inginkan dan ketika saya telah hanya memberikan cara untuk gairah hidup saya. "manusia, ia menyimpulkan," bebas untuk bertindak, "dan dia" tindakan kemauannya sendiri "(Rousseau, 1910, hlm. 243-4). Selain itu, kehendak bebas manusia tidak menyimpang dari pemeliharaan, tetapi memuliakan itu, karena Tuhan telah "membuat pria jadi sangat baik alam, bahwa ia telah dikaruniai tindakannya dengan moralitas dimana mereka dimuliakan." Rousseau tidak setuju dengan orang-orang teolog ( misalnya, Hobbes) yang berpendapat bahwa kebebasan manusia akan berkurang dewa oleh merampok dari kekuasaannya:
Providence telah membuat manusia bebas yang ia dapat memilih yang baik dan menolak kejahatan ... apa lagi yang bisa kuasa ilahi itu sendiri telah dilakukan atas nama kami? Mungkinkah telah membuat alam kita kontradiksi dan telah memberikan hadiah baik lakukan untuk orang yang tidak mampu kejahatan? Untuk mencegah seorang pria dari kejahatan, harus Providence telah membatasi dia untuk naluri dan membuatnya bodoh? (Rousseau, 1910, hlm. 243-4).
Yang pasti, voluntarisme pra-Kantian dari emile dan asal-usul ketidaksetaraan tidak keseluruhan cerita; bahkan di morales letteres (1757), yang digunakan sebagai tambang dalam menulis emile, hubungan kehendak bebas untuk moralitas kehidupan manusia adalah niat manusia "(Rousseau, 1958, hlm 1106ff;. pada pentingnya lettres melihat shklar, 1969, pp 229-30) -. tampaknya pada awalnya menjadi klaim voluntaris, hampir pratanda bangsa kant di grundlegung yang "baik akan" hanya "unqualifiedly" hal yang baik di bumi (kant 1949, p. 11). Tapi niat ini tidak merujuk kepada "akan" dari emile, tetapi untuk "hati nurani" - ". Suara abadi dan surgawi" yang merupakan "naluri ilahi" dan Rousseau, setelah menempuh perjalanan yang mencolok pada perasaan moral ( "jika melihat ... beberapa tindakan kekerasan atau ketidakadilan, gerakan kemarahan dan kemarahan muncul sekaligus dalam hati kita "), melanjutkan dengan berbicara tentang perasaan" penyesalan "bahwa" menghukum kejahatan tersembunyi secara rahasia "; dan ini "suara mendesak" ia menyebut perasaan tak sadar (sentimen involontaire) yang "siksaan" kita. Bahwa frase sentment involontaire tidak slip hanya dari pena (atau pikiran) dibuktikan dengan pengulangan yang disengaja Rousseau "paksa":
Thuse ada, di bagian bawah semua jiwa, prinsip bawaan keadilan dan kebenaran moral {yang} sebelum semua prasangka nasional, semua maksim pendidikan. Prinsip ini adalah aturan paksa {la ragle involontaire} dimana, meskipun pepatah kita sendiri, kita menilai tindakan kita, dan orang lain, baik atau buruk; dan itu adalah untuk prinsip ini yang saya berikan hati nurani nama.
Hati nurani, maka, adalah moral yang perasaan-tidak mengherankan, pandangan yang diberikan Rousseau sukarela bahwa "perasaan kita adalah tersaingi sebelum alasan kami sendiri" (Rousseau. 1971c, pp. 1111. 1107. 1108. 1109). Dan, sementara lettre semangat kelima dibuka dengan antisipasi jelas voluntarisme emile ini, ini hanya sebuah penampilan yang membuktikan bahwa tidak tedeng aling-aling yang tepat untuk "menemukan" di Rousseau pendahulu dari kant. moral Rousseau sensitif (satu helai pemikirannya) tidak mudah untuk berdamai dengan rasional menentukan nasib sendiri (lain, sama-sama otentik, strand) - karena jika Rousseau mengatakan bahwa "untuk mencabut kehendak Anda semua kebebasan adalah untuk menghilangkan tindakan Anda dari semua moralitas . "Dia juga mengatakan bahwa hati nurani adalah sentimen yang involontaire.Thuse ada, di bagian bawah semua jiwa, prinsip bawaan keadilan dan kebenaran moral {yang} sebelum semua prasangka nasional, semua maksim pendidikan. Prinsip ini adalah aturan paksa {la ragle involontaire} dimana, meskipun pepatah kita sendiri, kita menilai tindakan kita, dan orang lain, baik atau buruk; dan itu adalah untuk prinsip ini yang saya berikan hati nurani nama.
Fakta tetap, bagaimanapun, bahwa sementara emile diterbitkan, moral letters diadakan kembali. Dan di emile Rousseau menekankan pada pentingnya moral kehendak bebas. Oleh karena itu ia dapat memahami "akan" sebagai kausalitas moral yang independen dengan kekuatan untuk menghasilkan efek moral. Dia pasti berpikir bahwa ia telah diturunkan kewajiban politik dan kekuasaan politik yang sah dari ini "kekuatan" dari bersedia: "asosiasi sipil adalah tindakan yang paling sukarela di dunia; karena setiap individu dilahirkan bebas dan tuannya sendiri, tidak ada yang bisa, pada setiap dalih apapun, untuk tunduk kepadanya tanpa persetujuannya "(Rousseau, 1962b, hal. 105). Memang, empat bab pertama dari kontrak sosial yang dikhususkan untuk refutations teori yang keliru kewajiban dan wewenang paternal kanan, "hak yang terkuat," dan kewajiban yang berasal dari perbudakan.
"Karena tidak ada manusia," Rousseau menyimpulkan, "memiliki otoritas alami lebih sesama manusia, dan karena kekuatan dalam arti tidak membuat kanan, [sukarela] konvensi tetap sebagai dasar dari otoritas yang sah antara laki-laki" 9rousseau, 1962b, hal. 105, 27 ).
Bahkan jika "akan" adalah jelas sebuah bangsa moral, politik, dan teologis sentral dalam pemikiran Rousseau, ini tidak berarti bahwa ia bersedia puas hanya setiap wasiatnya seperti kehendak tertentu atau "disengaja" kehendak. Tujuan konstan, memang, adalah untuk "generalisasi" akan (Rousseau, 1962e, pp 472-3.) - baik melalui pendidikan kewarganegaraan, seperti dalam pemerintahan Polandia. Atau melalui pendidikan swasta, seperti di emile. Dalam pandangannya, masyarakat kuno seperti Sparta dan Roma telah sangat mahir generalisasi kehendak manusia. Melalui kesederhanaan mereka, moralitas mereka dari kebaikan bersama, agama sipil mereka, penggunaan moral mereka seni rupa dan militer, dan kurangnya individualisme ekstrim dan kepentingan pribadi, negara-kota kuno telah masyarakat politik dalam arti yang tepat. Di dalamnya manusia telah menjadi bagian dari keseluruhan yang lebih besar dari yang ia "dalam arti menerima hidupnya dan menjadi" (Rousseau, 1962b, hal 52.); di sisi lain, modern "prasangka." "filosofi dasar," dan "nafsu kecil kepentingan" menjamin bahwa "kita orang modern tidak bisa lagi menemukan di ourselvesanything itu kekuatan spiritual yang terinspirasi pada zaman dahulu oleh segala sesuatu yang mereka lakukan" (Rousseau, 1962c, p. 430). Dan bahwa "kekuatan spiritual" dapat diartikan avoidance- melalui identitas dengan sepenuh cinta diri yang lebih besar, "bahwa disposisi berbahaya yang menimbulkan semua keburukan kita." Pendidikan politik dalam sangat terpadu ( "umum") negara akan "membawa kita keluar dari diri kita sendiri" dan memberikan kami dengan kehendak umum sebelum ego manusia "telah ecquired bahwa kegiatan hina yang menyerap semua kebajikan dan merupakan kehidupan dan menjadi pikiran kecil" (Rousseau, 1950b, hal. 308). Oleh karena itu yang terbaik lembaga-lembaga sosial "adalah mereka yang terbaik mampu mengubah sifat manusia, untuk mengambil keberadaan mutlak dan untuk memberinya satu relatif, dan untuk membawa moi ke kesatuan umum" (emile; Rousseau, 1962a, volume 2, p. 145).
Jika refleksi ini pada karakter merusak diri cinta dan particularisme mengingatkan malebrance- yang telah mendesak agar "bertindak dengan volontes particulieres menunjukkan kecerdasan terbatas" (Malebranche, 1958, hlm. 147-66), dan cinta yang untuk ilahi generalite telah menyebabkan Rousseau untuk peringkat besar. Ayah Oratorian dengan plato dan locke (Rousseau, 1971b, p 1.111.) - itu adalah di kontras Rousseau dengan Malebranche bahwa kesulitan penting muncul. Dalam Malebranche, kehendak tuhan dasarnya dan alami umum; di Rousseau, kehendak pria harus dibuat umum - masalah yang ia mengibaratkan (dalam korespondensi dengan Malesherbes) dengan yang mengkuadratkan lingkaran (Rousseau, 1974b). tapi satu cukup dapat meminta ;: adalah masih "akan" (qua independen "penyebab moral") jika harus didenaturasi, diubah? Apakah negara Rousseau pendidikan - swasta dan sipil - meninggalkan wasiat sebagai produsen otonom moral "efek" bahwa ia tampaknya ingin? Seseorang tergoda untuk mengatakan bahwa ini adalah pertanyaan untuk orang yang ingin volonte dan generalite untuk memadukan - sehingga (pada akhir waktu) "persatuan kehendak dan pemahaman" sempurna akan mensintesis (Locke) "kesepakatan sukarela" dan (platonis ) generalisasi pendidikan, akan berbaur kuno ( "Sparta") dan modernitas ( "kontrak") dalam "yang modern yang memiliki jiwa kuno" (Rousseau, 1962d, p. 421).
Kehendak adalah sebagai penting untuk moralitas tindakan untuk Rousseau seperti untuk voluntaris datang setelah desakan agustine yang voluntas bona (good will) saja baik (pilihan onfree kehendak, buku I, pasal 12); tapi Rousseau curiga sangat "fakultas" - satu-satunya fakultas - yang bisa akhlak. Dengan demikian ia mendesak dalam wacana pada ekonomi politik bahwa "kekuasaan yang paling mutlak adalah bahwa yang menembus ke terdalam manusia menjadi, dan kekhawatiran itu sendiri dengan kehendak-Nya tidak kurang dari dengan tindakannya" (Rousseau, 1950b, hal. 297). Dapat akan baik sebuah "couse moral" otonom dan tunduk rasionalisasi itu, generalisasi efek otoritas edukatif? Ini adalah difficulity konstan Rousseau. Bahkan emile, yang terbaik berpendidikan manusia, memilih untuk terus menerima bimbingan guru: "adivse dan mengendalikan kita; kita akan mudah dipimpin; selama aku hidup aku akan membutuhkan Anda "(Rousseau, 1910, p. 444). Berapa banyak lagi, dari, lakukan orang biasa membutuhkan bimbingan dari "legislator besar" - yang numa atau moses atau Lycurgus antaranya Rousseau berbicara begitu sering (Rousseau, 1962c, pp 427-30;.. 1971a pp.118-20) - ketika mereka memulai pengaturan dari sistem yang tidak hanya akan membantu dan mempertahankan tetapi juga akhlak mereka. Kehendak umum tergantung pada "kesatuan pemahaman, yang disediakan (setidaknya pada awalnya) oleh otoritas edukatif - reather dari oleh Kantian" Bahkan alasan "memberi (abadi)" ujung tujuan "- adalah sulit untuk membuat sempurna kongruen dengan "akan" sebagai "penyebab moral" otonom
Bangsa ini tentang hubungan kewenangan edukatif kehendak muncul tidak hanya dalam teori Rousseau pendidikan umum atau sipil (terutama di politique Economie dan Gouvernement de Pologne;. Rousseau, 1962c, pp 473-43), tetapi juga dalam teori pendidikan swasta di emile. Dalam mendidik anak, Rousseau menyarankan tutor, "biarkan dia pikir dia adalah guru saat Anda benar-benar menguasai." Dan kemudian: "tidak ada tunduk begitu lengkap seperti itu yang menjaga bentuk kebebasan; itu adalah thuse bahwa kehendak sendiri diambil tawanan "(Rousseau, 1910, p. 84). Satu hampir tidak membantu menanyakan apa yang telah menjadi dari "akan" ketika telah "ditangkap," dan apakah itu cukup untuk melestarikan belaka "bentuk" kebebasan. Pada titik ini Rousseau tampaknya telah dua pikiran: orang miskin yang "setuju" untuk sebuah kontrak sosial yang hanya ligitimizes kepemilikan orang kaya "melestarikan bentuk kebebasan," tetapi Rousseau (dalam asal-usul ketidaksetaraan) menolak kontrak ini sebagai penipuan (Rousseau, 1950a, hlm. 180-2). Sehingga tidak bisa strainghtforwardly kasus - sebagai john Charvet berpendapat dalam penelitian Rousseau yang luar biasa - yang Rousseau, yang citoyen de geneve, hanya tidak "khawatir dengan gap yang membuka antara penampilan dan realitas kebebasan" (Charvet 1974 , p. 58). Namun Charvet memiliki sesuatu dari titik, karena kehendak adalah "ditawan" di emile dan "menembus" oleh otoritas dalam wacana ekonomi politik; dan tidak bahwa penangkaran maupun penetrasi yang dikritik oleh Rousseau - meskipun diktum mengenai merampas tindakan seseorang "dari semua moralitas" jika menghalangi kehendak-Nya dari Jadi seseorang melihat lagi mengapa kehendak umum akan menarik baginya: berubah-ubah kesengajaan akan "kebebasan." akan "dibatalkan," akan dirasionalisasikan oleh otoritas. "Diawetkan" (Hegel, 1967, hlm. 234).
Jika akan di Rousseau adalah umum terutama melalui otoritas edukatif, sehingga kemauan sebagai "penyebab moral" tidak cukup sebebas ia kadang-kadang lebih suka, itu setidaknya dikatakan bahwa ketegangan antara "akan" dan otoritas yang "generalisasi" itu hanya masalah sementara. Rousseau tampaknya berharap bahwa pada dan waktu politik (sehingga untuk berbicara) laki-laki akhirnya akan menjadi warga negara dan akan hanya akan kebaikan bersama dalam kebajikan apa yang telah mereka pelajari dari waktu ke waktu; pada akhir waktu sipil, mereka mungkin benar-benar bebas,
Dan bukan hanya "dipaksa untuk bebas" (Rousseau, 1962b, hal. 36). Pada akhir pendidikan politik - tidak lebih "denaturasi" atau transformatif daripada pendidikan yang benar - masyarakat politik akhirnya akan berada dalam posisi untuk mengatakan apa yang emile mengatakan pada akhir pendidikan ini "domestik": "Saya telah memutuskan untuk menjadi apa Anda telah membuat saya. "pada titik ini (dari" negeri ") akan ada" persatuan pemahaman dan akan "dalam politik, tapi satu yang" pemahaman "tidak lagi milik pribadi dari numa atau Lycurgus. Pada titik ini, juga, "kesepakatan" dan "kontrak" akhirnya akan memiliki arti nyata: "kehendak umum," yang "selalu benar," akan tercerahkan juga, dan kontrak akan melampaui menjadi trik kepercayaan orang kaya hanya itu (legalisasi properti yang tidak sama) bahwa dalam asal-usul ketidaksetaraan. Pada akhir waktu politik, "umum akan satu telah sebagai warga negara" akan menjadi semacam sifat kedua, mendekati kealamian sejati volonte generale dalam versi Malebranche untuk modus operandi ilahi. "Mendekati," bagaimanapun, adalah istilah terkuat yang bisa digunakan, dan hubungan kehendak kepada otoritas edukatif yang menggeneralisasikan itu tetap inrousseau masalah - lebih-lebih karena ia sering ditolak (suasana hati lebih Lockean nya) yang ada alami berkuasa (Rousseau, 1962b, hal. 27).
Satu masih bisa bertanya: bagaimana bisa mendamaikan desakan Rousseau pada otoritas mendidik semua-membentuk dengan desakan yang sama nya pada choich gratis dan otonomi pribadi? Sebuah jawaban yang mungkin adalah: melalui teori pendidikan, yang merupakan jantung nya throught- satu hal yang bisa membuat rousseaueanism "pekerjaan." Pada akhir waktu sipil, ketika orang telah terdenaturasi dan diubah menjadi warga negara, mereka akan akhirnya memiliki pengetahuan kewarganegaraan dan akan- umum seperti orang dewasa akhirnya memiliki pengetahuan moral dan kemerdekaan yang mereka (harus) kekurangan sebagai anak-anak. Untuk Rousseau ada tahapan tidak dapat dihindari dalam semua pendidikan, baik swasta maupun publik: anak, katanya di emile, harus terlebih dahulu mempelajari kebutuhan, kemudian untility, dan akhirnya moralitas, dalam urutan tak terhindarkan. Jika seseorang mengatakan "harus" untuk bayi ia hanya mengungkapkan ketidaktahuan dan kebodohannya sendiri. bangsa ini dari waktu pendidikan yang diperlukan, untuk menjadi apa yang tidak, terungkap sempurna dalam ucapan emile ini "Saya telah memutuskan untuk menjadi apa yang Anda buat saya." Itu sengaja paradoks (karena banyak kepercayaan moral-politik pusat Rousseau dilemparkan di bentuk paradoks); tetapi menunjukkan bahwa kapasitas untuk "memutuskan" memang Ini adalah pendidikan yang "Pasukan yang bebas" - dengan perlahan-lahan "generalisasi" kehendak, sama, Rousseau "negara" yang di bodoh pertama "dibuat.": "ada dengan negara-negara, seperti negara-negara, seperti laki-laki, waktu yourth, atau, jika Anda lebih suka, kematangan, yang kami harus menunggu sebelum menundukkan mereka untuk hukum (Rousseau, 1962b, hal. 56). Waithing, bagaimanapun, memerlukan waktu ,; otonomi tiba di akhir proses, dan kehendak umum akhirnya seperti tercerahkan seperti itu (selalu) benar. Pada pembacaan wajar paling menguntungkan, maka, Rousseau tidak, karena beberapa kritikus menuduh, bergetar tak jelas antara pendidikan "platonis" dan "Lockean" sukarela: jika bangsanya menjadi-in-time bekerja, maka generalite kuno dan volonte yang modernitas yang benar-benar menyatu dengan ini "yang modern yang memiliki jiwa kuno".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar