Senin, 19 Desember 2016

Fungsi Filsafat Dalam Hidup Masyarakat Pada Umumnya



Fungsi filsafat dalam hidup masyarakat pada umumnya

Untuk apa orang belajar filsafat? Saya tidak akan memberikan deskripsi tentang apa saja yang disumbangkan filsafat pada perkembangan kebudayaan manusia, meskipun itu pasti cukup menarik. Sya membatasi diri pada beberapa catatan pokok saja yang akan saya bagi dua: fungsi filsafat pada umumnya, dan fungsi filsafat khususnya dalam kehidupan intelektual bangsa Indonesia.
1.      Pada umumnya dapat dikatakan bahwa studi filsafat semakin menjadikan orang mampu untuk menangani pertanyaan-pertanyaan mendasar manusia yang tidak terletak dalam wewenang metodis ilmu-ilmu khusus. Jadi filsafat membantu untuk mendalami pertanyaan-pertanyaan asasi manusia tentang makna realitas (filsafat teoritis) dan lingkup tanggung jawabnya (filsafat praktis). Fungsi filsafat umum yaitu umtuk mendalami, menanggapi, serta belajar dari jawaban-jawaban yang sampai sekarang ditawarkan oleh para pemikir dan filsuf terkemuka terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut.
2.      Filsafat tidak hanya berguna pada umumnya, melainkan mempunyai fungsi khusus dalam lingkungan sosial-budaya Indonesia. Fungsinya yaitu: filsafat merupakan sarana baik untuk menggali kembali kekayaan kebudayaan, tradisi-tradisi, dan filsafat Indonesia serta untuk mengaktualisasikannya bagi Indonesia modern yang sedang kita bangun; sebagai kritik ideology filsafat membangun kesanggupan untuk mendeteksi dan membuka kedok-kedok ideologis pelaggaran terhadap martabat dan hak-hak asasi manusia yang masih terjadi; filsafat merupakan dasar paling luas untuk berpartisipasi secara kritis dalam kehidupan intelektual bangsa pada umumnya dan khususnya dalam kehidupan intelektual di universitas-universitas dan lingkungan akademis; dan salah satu fungsi penting filsafat adalah bahwa ia menyediakan dasr dan sarana sekaligus bagi diadakannya dialog diantara agama-agama yang ada di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar