Kamis, 22 Desember 2016

Dasar Aksiologi Pancasila



Dasar Aksiologi Pancasila
Apa itu dasar aksiologi Pancasila? Apa yang dimaksud dasar aksiologi pancasila? Kajian tentang aksiologi filsafat Pancasila pada hakikatnya menelaah tentang nilai praktis atau manfaat suatu pengetahuan tentang pancasila. Aksiologi Pancasila berarti membahas tentang filsafat nilai Pancasila. Dalam filsafat Pancasila, ada 3 tingkatan nilai, yaitu nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praktis. Nilai dasar yaitu asas-asas yang mutlak kebenarannya.
Apa nilai nilai dasar dari Pancasila? Nilai-nilai dasar dari pancasila berupa nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan.
Apa itu nilai instrumental Pancasila? Nilai instrumental, yaitu nilai yang berbentuk norma sosial dan norma hukum yang selanjutnya akan dibakukan dalam peraturan dan mekanisme lembaga-lembaga Negara.
Kemudian apa itu nilai praktis Pancasila? Nilai praktis Pancasila adalah nilai yang harus dilaksanakan. Nilai ini untuk menguji apakah nilai dasar dan nilai instrumental hidup dalam masyarakat.
Secara aksiologis, bangsa Indonesia adalah pendukung nilai-nilai Pancasila. Bangsa Indonesia yang berketuhanan, berkemanusiaan, berpersatuan (Semangat Bhineka tunggal ika), berkerakyatan, dan berkeadilan harus mengakui, menghargai, dan menerima Pancasila yang dapat kita lihat dalam setiap sikap, tingkah laku, dan perbuatan bangsa Indonesi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar